Inspektorat Sulawesi Selatan » Artikel » Sambangi Inspektorat, Wagub Sulsel Bahas Rencana Pergub Pengawasan Daerah

Sambangi Inspektorat, Wagub Sulsel Bahas Rencana Pergub Pengawasan Daerah

InspektoratSulsel.Id – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bertandang ke Kantor Inspektorat Daerah prov. Sulsel di bilangan Jalan Pettarani Makassar, rabu (02/10/2019) pagi.

Wagub diterima langsung oleh Inspektur Prov. Sulsel, H. Salim di ruang tamu Inspektur, dengan didampingi oleh Kasubag Administrasi dan Umum, Kasubag Perencanaan, Kasubag Evaluasi dan Pelaporan serta beberapa orang pejabat fungsional.

Dalam kunjungannya, Wagub menyampaikan soal niatannya untuk mendorong terbitnya Peraturan Gubernur mengenai Pengawasan Daerah. Olehnya itu, pihaknya berharap agar Inspektorat dapat memberikan masukan terkait hal tersebut.

Menurut Wagub, Pergub itu nantinya menjadi perangkat sistemik untuk mencegah korupsi di birokrasi. “Tujuannya, ini untuk mencegah agar orang jangan banyak temuan. Agar orang tidak perlu diperiksa, sistem bekerja, orang tak korupsi.”

Selain Pergub, Wagub juga berharap agar Pergub itu nanti ditindaklanjuti dalam bentuk penyusunan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang akan menjadi pedoman bagi ASN di OPD dalam menjalankan tugasnya.

Wagub optimis agar Pegub bisa selesai pertengahan November, SOP selesai di akhir November, sehingga akhir November hingga Desember bisa dilakukan sosialisasi, agar pada tahun 2020, Pegub dan SOP turunannya sudah bisa implementasikan.

Pada kunjungan tersebut, Wagub berharap agar pengawasan yang dilaksanakan oleh Inspektorat bisa dilaksanakan per triwulan, yang ditanggapi positif oleh Inspektur dan jajarannya.

Triwulan 1 berupa pengarahan agar OPD tidak melakukan penyimpangan. Triwulan 2 berisi peringatan terjadap indikasi pelanggaran yang dilakukan OPD. Triwulan 3 berupa evaluasi terhadap implementasi pengarahan dan peringatan di triwulan sebelumnya. Sementara triwulan 4 berupa perumusan temuan dan rekomendasi tindak lanjut. (Yunie)

31 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Artikel · Tags: , , , ,

Leave a Reply

*