Inspektorat Sulawesi Selatan » Berita » Plt. Inspektur Paparkan Soal Binwas Pemda pada Diklat Pembentukan Pengawas Pemerintahan

Plt. Inspektur Paparkan Soal Binwas Pemda pada Diklat Pembentukan Pengawas Pemerintahan

InspektoratSulsel.Id – Pelaksana Tugas Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Sri Wahyuni Nurdin, S.E., Ak., M.Adm.Pemb. menjadi narasumber dalam Diklat Pembentukan Pengawas Pemerintahan bagi PNS yang disesuaikan/inpassing angkatan III Tahun 2020, di Makassar, Rabu (30/09/2020).

Di hadapan 41 orang peserta Diklat yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Makassar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia ini, Sri Wahyuni paparkan soal Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2020, disusun berbasis prioritas dan risiko dengan tema APIP Kompeten Mengawal Pemerintahan Daerah,” terang Sri Wahyuni yang juga Sekretaris Inspektorat Daerah Prov. Sulsel.

Lanjut Sri Wahyuni, pengawasan dilaksanakan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sesuai dengan fungsi dan kewenangannya berdasarkan kompetensi yang dimiliki terkait dengan pelaksanaan pengawasan yang menjadi kewenangan daerah sesuai fungsi dan kewenangannya serta sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Inspektur Prov. Sulsel menekankan pentingnya koordinasi antara APIP dan Aparat Penegak Hukum (APH), terutama dalam hal penanganan pengaduan, terutama yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di akhir paparan, Sri Wahyuni juga menjelaskan soal peran APIP dalam pengenaan sanksi terhadap pejabat pemerintahan yang melanggar sumpah, janji, larangan dan kewajiban serta bertindak tidak berdasarkan asas-asas umum pemerintahan.

“Dalam konteks ini, APIP berada dalam posisi meyakinkan dan menguji tindakan pejabat tersebut, derajat kesalahan yang dilakukan, dan jenis sanksi yang akan dikenakan kepada penyelenggara pemerintahan daerah.” Pungkasnya.

96 Total kunjungan 2 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*