Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » Menggandeng BPKP, Inspektorat Daerah Sulsel Gelar Diklat Audit Kinerja Pemda

Menggandeng BPKP, Inspektorat Daerah Sulsel Gelar Diklat Audit Kinerja Pemda

InspektoratSulsel.Id – Bentuk audit yang dilaksanakan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) senantiasa berkembang sesuai dengan dinamisasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Oleh karenanya, pengembangan wawasan APIP juga harus senantiasa mengikuti kebutuhan kerja.

Perkembangan terakhir audit rutin Inspektorat Daerah, telah bermetamorfosis dari audit operasional menjadi audit kinerja. Maka pemahaman APIP terhadap proses atau tahapan pelaksanaan audit kinerja pada pemerintah daerah sesuai dengan Standar Audit Intern Instansi Pemerintah (SAIPI).

Menyambut kondisi tersebut, Inspektorat Daerah Sulsel menggandeng BPKP Perwakilan Prov. sulsel menggelar Diklat Audit Kinerja Pemda, 11 s.d. 15 September 2017. Dalam sambutannya, Sekretaris Inspektorat Daerah Prov. Sulsel, Dr. Syafruddin Kitta, S.T., M.Si., M.Si. mengingatkan agar APIP senantiasa bekerja sesuai SAIPI.

“Audit kinerja menurut SAIPI adalah audit atas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas audit aspek ekonomi, efisiensi, dan audit aspek efektivitas, serta ketaatan pada peraturan.” Terang Syafruddin.

Dalam diklat yang diikuti oleh 30 orang peserta tersebut, 18 orang diantaranya berasal dari Inspektorat Daerah Kab./Kota se-Sulsel. “Kami melibatkan teman-teman di daerah agar pemahaman akan standar pelaksanaan audit kinerja juga dikuasai oleh teman-teman.” Ujar Syafruddin.

135 Total kunjungan 2 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*