Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » LKPP Gandeng Inspektorat Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

LKPP Gandeng Inspektorat Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

kantor1InspektoratSulsel.Org – Seiring dengan kian meningkatnya peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mengawal akuntabilitas pembangunan nasional, maka peran APIP dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah juga meningkat.

Untuk itu, dibutuhkan penyamaan persepsi dalam hal pengawasan dan penyelesaian berbagai permasalahan yang melingkupi urusan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sehubungan dengan hal tersebut, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar kegiatan Kemitraan LKPP dengan APIP pada hari selasa (08/09/2015) di Aula Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan.

kantor5

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah dua orang pejabat dari LKPP, yaitu: Ikak Gayuh Patriastomo (Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah) dan Irawaty Imran (Kepala Subdit Wilayah II Timur).

Dalam acara yang dimulai pada pukul 09.00 pagi dan direncanakan akan berakhir pada pukul 16.00 sore ini, Ikak menjelaskan bagaimana garis besar proses pengadaan barang/jasa pemerintah berdasarkan Perpres no. 54 Tahun 2010 dan perubahannya.

kantor3

Keterlibatan APIP dirasa penting karena banyaknya kasus yang timbul dalam proses pengadaan barang/jasa. Diantaranya: perencanaan yang tidak tepat, salah menyusun HPS, lelang gagal, penyerapan rendah, proses lelang terlambat, kompetisi rendah, dan pengiriman terlambat.

Bila dikaitkan dengan PP No. 60 Tahun 2008, tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), maka APIP diharapkan dapat terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah, mulai dari tahap perencanaan, pengadaan/lelang, manajemen kontrak, dan majemen asset. (iy/kdm)

kantor4

436 Total kunjungan 2 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*