Inspektorat Sulawesi Selatan » Downloads » Internal Audit Charter Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

Internal Audit Charter Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

INSPEKTORATSULSEL.ID – Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menegaskan bahwa salah satu pilar utama penegakan pemerintahan yang bersih adalah adanya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif.

Fungsi dan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dalam hal ini Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan sangat strategis dalam mengawal jalannya pemerintahan yang akuntabel. Hal ini harus disadari oleh semua pemangku kepentingan di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, baik Gubernur selaku pimpinan daerah maupun SKPD selaku aparat birokrasi di daerah.

Karenanya, pemahaman dan kesepahaman akan visi, misi, tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan selaku APIP oleh semua pemangku kepentingan di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi hal yang sangat penting.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/05/M.PAN/03/2008 tentang Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), juga telah menegaskan bahwa visi, misi, tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab APIP harus dinyatakan secara tertulis, disetujui dan ditandatangani oleh pimpinan tertinggi organisasi.

Untuk memudahkan semua pemangku kepentingan dalam memahami visi, misi, tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab APIP, maka secara formal, telah disusun Piagam Audit Intern (Internal Audit Charter) yang menjadi landasan yuridis yang kuat terkait kewenangan, tanggung jawab, dan lingkup pengawasan yang menjadi tugas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara substantif, Piagam Audit Intern (Internal Audit Charter) ini disusun dalam rangka memberikan batasan kewenangan, tanggungjawab, dan lingkup pengawasan yang menjadi tugas APIP serta mengatur hubungan kerja serta koordinasi pengawasan dengan lembaga lembaga lain yang terkait, sehingga pengawasan internal dapat dilaksanakan secara optimal.

Selain itu, Piagam Audit Intern (Internal Audit Charter) merupakan penegasan komitmen dari para pemangku kepentingan terhadap arti pentingnya fungsi pengawasan intern atas penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. (Yuni)

Selengkapnya bisa diunduh di sini: Internal Audit Charter

ilustrasi dari klikharso[dot]com

96 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Downloads

One Response to "Internal Audit Charter Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan"

  1. rajab 2019 says:

    terima kasih ats segala infiormasinya

Leave a Reply

*