Inspektorat Sulawesi Selatan » Berita » Inspektorat Sulsel Akan Terapkan Audit Kinerja dan Audit Berbasis Risiko di Tahun 2019

Inspektorat Sulsel Akan Terapkan Audit Kinerja dan Audit Berbasis Risiko di Tahun 2019

INSPEKTORATSULSEL.ID – Sebagai upaya meningkatkan kualitas hasil pengawasan Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), maka mulai tahun 2019, Inspektorat Sulsel akan melaksanakan pengawasan dalam bentuk Audit Kinerja dan Audit Berbasis Risiko.

“Kami akan menerapkan Audit Kinerja dan Audit Berbasis Risiko sebagai upaya kita meningkatkan kapabilitas Inspektorat Daerah Prov. Sulsel sebagai APIP yang integrated atau berada pada level 3.” Terang Inspektur Prov. Sulsel, H. Lutfie Natsir, S.H.

Menurut Lutfie, Audit Kinerja merupakan jenis audit yang dapat diterapkan pada berbagai obyek audit, tak terbatas pada kegiatan, program atau instansi. Audit ini esensinya adalah penilaian ekonomis, efisiensi dan efektivitas yang tergambar dalam tujuan dan simpulan audit.

Sementara itu, Audit Berbasis Risiko adalah audit yang beranjak dari implementasi Manajemen Risiko dalam melakukan penilaian risiko serta pengendalian risiko yang diambil oleh pimpinan OPD.

“Audit Berbasis Risiko ini diharapkan bisa memberikan jaminan bahwa risiko yang ada sudah dikelola oleh pihak manajemen dengan baik dan memiliki batasan risiko yang tidak berdampak negatif bagi pencapaian tujuan organisasi.” Terang mantan Kepala Dinas Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Prov. Sulsel ini.

Untuk menunjang pilihan model audit tersebut, Inspektorat Daerah Prov. Sulsel telah melakukan langkah persiapan. “Kami sudah menggandeng BPKP Perwakilan Prov. Sulsel menggelar iklat Audit Intern Berbasis Risiko, serta Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) 2019 sudah disusun dengan berbasis pada faktor risiko.” Pungkasnya. (Yuni)

164 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

One Response to "Inspektorat Sulsel Akan Terapkan Audit Kinerja dan Audit Berbasis Risiko di Tahun 2019"

  1. Terimakasih atas segala rencana yang telah bapak rencanakan semoga cepat terealisasikan secepatnya kami sebagai warga sangan menunggunya.

Leave a Reply

*