Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » Inspektorat Sulsel Laksanakan Bintek Evaluasi LAKIP

Inspektorat Sulsel Laksanakan Bintek Evaluasi LAKIP

Sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat Inspektorat Provinsi dan Inspektorat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, Inspektorat Sulsel akan melakasanakan Bimbingan Teknis Evaluasi laporan Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Kegiatan yang akan diikuti oleh 40 orang peserta ini, rencananya dilaksanakan di Hotel Makassar Golden selama 3 hari, 09 – 11 Mei 2012.

Menurut Syafruddin Kitta, ST., M.Si, Sekretaris Inspektorat selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa Pelaksanaan evaluasi LAKIP adalah amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

“Selain itu, juga ada Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, serta Surat Keputusan MENPAN Nomor: KEP-135/M.PAN/2004 tentang Pedoman Umum Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah”, lanjut Kandidat Doktor Ilmu Administrasi Publik Pascasajana UNM.

Khusus untuk Sulsel, menurut Syafruddin, sudah terbit Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor  15 Tahun 2012 Tentang Pedoman Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam Peraturan Gubernur yang terbit pada tanggal 7 Fberuari 2012 ini, secara tegas disebutkan bahwa pelaksana evaluasi LAKIPSKPD/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi adalah Inspektorat.

“Karena itulah maka pelaksanaan bintek ini sangat penting dilaksanakan untuk mempersiapkan evaluator yang akan melaksanakan evaluasi LAKIP!”, tegas Syafruddin.

Syafruddin juga menjelaskan bahwa Bintek ini diharapkan akan melahirkan evaluator yang setidaknya memahami empat hal mendasar terkait pelaksanaan evaluasi LAKIP.

Pertama, pemahaman mengenai tujuan evaluasi dan penetapan ruang lingkup evaluasi; kedua, pemahaman mengenai strategi evaluasi dan metodologi yang digunakan dalam evaluasi;ketiga, pemahaman mengenai langkah-langkah kerja yang harus ditempuh dalam proses evaluasi, serta keempat, pemahaman tentang tata cara penyusunan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) dan mekanisme pelaporan hasil evaluasi serta proses pengolahan datanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia, Surahmanta, S.Sos, M.Si. mengatakan bahwa pelaksanaan Bintek ini, selain diikuti oleh calon evaluator dari Inspektorat Provinsi, juga melibatkan utusan Inspektorat Kabupaten/Kota se-Sulsel.

“Kami harapkan teman-teman yang dari Kabupaten/kota juga bbisa melakukan evaluasi LAKIP SKPD/Unit Kerja di lingkungan pemerintah daerahnya masing-masing”, jelas Kasubag Administrasi dan Umum Inspektorat Prov. Sulsel ini.

Terkait pelaksanaan kegiatan ini, animo Inspektorat Kabupaten/Kota untuk ikut sangat tinggi, terbukti dari banyaknya pemerintah daerah yang meminta agar dibolehkan mengirimkan lebih dari satu orang peserta.

“Ya, hampir semua pemerintah daerah menelepon meminta tambahan kuota peserta, tapi untuk sementara kami batasi satu kabupaten/kota satu peserta. Bila memang dibutuhkan, kami akan melaksanakan lagi bintek serupa untuk mengakomodasi kebutuhan teman-teman”, ujar Surahmanta.

Bintek ini menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, dan Akademisi Universitas Hasanuddin, Dr. Muhammad Rusdi.

337 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*