Inspektorat Sulawesi Selatan » Berita » Inspektorat Sulsel Gelar Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan APIP dan BPK

Inspektorat Sulsel Gelar Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan APIP dan BPK

INSPEKTORATSULSEL.ID – Bertempat di aula Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, digelar Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan APIP dan BPK, rabu (09/01/2019) pagi, dengan dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Pemprov. Sulsel.

Menurut Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Sulsel, Warham A. Yusni, S.H., kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mendorong agar proses tindak lanjut hasil pengawasan fungsional yang dilaksanakan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) maupun pengawas ekseternal, dalam hal ini BPK RI bisa diselesaikan tepat waktu.

“Saat ini masih terdapat temuan, baik itu temuan keuangan maupun temuan administratif yang belum tuntas atau selesai ditindaklanjuti, sementara masa tindak lanjut selama 60 hari telah dilewati.” Terang Warham.

Lanjutnya, hal itu mengacu ke UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab, serta UU No. 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, sehingga harus mendapat perhatian khusus dari OPD terkait.

Pada kesempatan tersebut, Warham juga menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya telah melimpahkan beberapa temuan keuangan dari hasil pengawasan BPK RI ke Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR) untuk disidangkan.

“Sementara berproses penuntutannya di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Prov. Sulsel selaku Sekretariat MP-TGR.” Pungkas Warham. (Yuni)

172 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*