Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » Galakkan Reviu Untuk Mengejar Opini WTP dari BPK

Galakkan Reviu Untuk Mengejar Opini WTP dari BPK

Untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK terhadap Laporan Keuangan Pemprov. Sulsel Tahun 2010, maka Inspektorat Prov. Sulsel mengambil langkah proaktif dengan melaksanakan Reviu Laporan Keuangan.

Kegiatan reviu laporan keuangan tahun 2011 ini dilaksanakan secara bertahap. “Untuk tahap awal, dilakukan reviu terhadap laporan keuangan SKPD, ini dilakukan sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama sedang berjalan mereviu dua belas SKPD. Tim ini bekerja dari tanggal 25 Februari sampai 05 Maret 2011.” Jelas Sekretaris Inspektorat Sulsel, Syafruddin Kitta, ST., M.Si.

Sedikitnya, ada 27 orang personil Inspektorat Prov. Sulsel yang ditugaskan untuk melaksanakan reviu SKPD gelombang pertama ini. 3 orang berposisi Pengendali Tekhnis, 6 orang Ketua Tim, dan 18 orang sebagai anggota tim.

“Adapun SKPD yang sedang di reviu adalah, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Biro Umum dan Perlengkapan, Badan Lingkungan Hidup, Dispenda, PSDA, Koperasi, Tarkim, ESDM, Bina Marga, Dinsos, Pertanian dan Dinas Budpar. Insya Allah, SKPD yang lain akan segera menyusul.” lanjut Syafruddin.

Menurut Syafruddin, setelah reviu Laporan Keuangan SKPD selesai, maka kegiatan reviu akan dilanjutkan dengan reviu Laporan Keuangan Pemprov. Sulsel, “Laporan Keuangan Pemprov. yang akan di reviu nanti, merupakan hasil konsolidasi dari Laporan Keuangan SKPD. Semoga kita dapat mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK.”

Reviu Laporan Keuangan Pemprov. Sulsel pertama kali dilaksanakan pada tahun 2009 untuk mereviu Laporan Tahun 2008, “Tahun 2009, kami hanya mereviu Laporan  Keuangan Pemprov., dan belum sampai mereviu Laporan SKPD. Hasilnya, Opini BPK adalah disclaimer. Makanya, Tahun 2010 kami juga mereviu Laporan SKPD, dan hasilnya opini BPK meningkat menjadi wajar Dengan Pengecualian.” imbuh Syafruddin.

“Tim yang kami turunkan ini merupakan tenaga yang tidak meragukan kompetensinya, sehingga diharapkan hasil dari Reviu Laporan Keuangan SKPD ini dapat menjadi data awal yang mendukung kegiatan reviu Laporan Keuangan Pemprov. nantinya. Dengan ini, diharapkan opini BPK akan berubah dari Wajar Dengan Pengecualian pada tahun 2009 mejadi Wajar Tanpa Pengecualian pada tahun 2010.” Pungkas Syafruddin mengakhiri pembicaraan.

Fachruddin, ST., M.Si sedang melakukan analisis terhadap Laporan Keuangan salah satu SKPD di Lingkup PemProv. Sulsel.

900 Total kunjungan 2 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*