Inspektorat Sulawesi Selatan » Berita » Efektivitas Kinerja Inspektorat Daerah Sulsel Sebagai APIP

Efektivitas Kinerja Inspektorat Daerah Sulsel Sebagai APIP

InspektoratSulsel.Id – Inspektorat Daerah merupakan salah satu perangkat daerah yang kedudukannya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah. Inspektorat Daerah merupakan salah satu unsur pengawas internal atau dikenal juga dengan istilah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

APIP bertugas melakukan pengawasan intern yang meliputi  proses audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

Sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat Daerah memiliki peran dan unit kerja yang sangat strategis baik ditinjau dari aspek fungsi dan tanggung jawab dalam manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program pemerintah.

Dari segi fungsi-fungsi dasar manajemen, Inspektorat Daerah mempunyai kedudukan yang setara dengan fungsi perencanaan atau fungsi pelaksanaan.

Sedangkan dari segi pencapaian visi, misi dan program-program pemerintah, Inspektorat Daerah menjadi pilar yang bertugas dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten/Kota dan pelaksanaan urusan pemerintahan Kabupaten/Kota, berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan.

Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bagian dari APIP tentu juga mempunyai tugas, fungsi dan peran sebagaimana disebutkan di atas. Dalam konteks itu, dibutuhkan analisis mengenai sejauh mana efektivitas kinerjanya dalam menjalankan tugas, fungsi dan perannya.

Berikut ini tingkat efektivitas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Silakan diunduh efektifitas2020

177 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*