Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » DPRD Luwu Utara Konsultasi Ke Inspektorat Terkait Pengawasan Dana Desa

DPRD Luwu Utara Konsultasi Ke Inspektorat Terkait Pengawasan Dana Desa

INSPEKTORATSULSEL.ID – Selasa (07/03/2017) siang, enam orang anggota Komisi I DPRD Kabupaten Luwu Utara menyambangi kantor Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Keenam wakil rakyat tersebut datang dengan maksud melakukan konsultasi terkait pelaksanaan pengawasan fungsional terhadap pengelolaan dana desa yang saat ini jumlahnya tak bisa dikatakan kecil.

“Kami berkonsultasi ke Inspektorat sebagai institusi yang melaksanakan pengawasan fungsional, sebab tak cukup hanya dengan pengawasan legislatif dari kami.” Terang salah seorang legislator.

Politisi tersebut juga mengusulkan agar pengawasan terhadap Kepala Desa jangan hanya dilakukan di akhir masa jabatan. “Jangan Cuma melaksanakan pemeriksaan setiap enam tahun sekali, pemeriksaan sebaiknya dilakukan secara reguler tiap tahun.”

Menanggapi permintaan tersebut, Inspektur Pembantu Wilayah II, Ir. Amiruddin, M.T. mengungkapkan bahwa idealnya memang begitu, “Seperti contoh Bantaeng, pengawasan dilakukan dua kali dalam setahun seluruh desa.”

“Kami di Inspektorat provinsi menyambut baik sarannya, tapi tentu kami harus mempertimbangkan sumberdaya dan anggaran yang tersedia, kemungkinan kami hanya bisa melakukan sampling.” Lanjut Amiruddin.

Soal keterbatasan anggaran juga diakui oleh pihak DPRD, tapi mereka berharap agar Inspektorat Provinsi bisa memberi penekanan kepada Inspektorat Kabupaten agar masalah ini diprioritaskan.

“Kami menemukan beberapa kasus, penggunaan dana desa oleh kepala desa, berakhir di Aparat Penegak Hukum, ini mengindikasikan lemahnya fungsi APIP di Inspektorat.” Imbuh salah seorang legislator.

Mengenai hal tersebut, Amiruddin mengungkapkan keprihatinannya dan berharap agar masalah tersebut bisa dikoordinasikan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa & Kelurahan sebagai SKPD yang melakukan pembinaan terkait masalah pemerintahan desa.

287 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*