Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Artikel, Downloads » Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)

Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)

SONY DSC

SONY DSC

Aplikasi  Sederhana Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dengan menggunakan Macro Excel ini dirancang dan ditulis oleh Surahmanto, S.Sos., M.Si. Jabatan Auditor Kepegawaian Muda pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Aplikasi Sederhana tentang Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) ini dirancang penulis dilatarbelakangi oleh ditetapkannya Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 22 Tahun 2015 tanggal 13 April 2015 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Tidak Tetap dan Personil Lainnya dalam lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan yang baru ini, telah ditindaklanjuti pula dengan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 1070/IV/TAHUN 2015 tanggal 15 April 2015 tentang Penetapan Standar Satuan Biaya Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Tidak Tetap dan Personil Lainnya dalam lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Pada saat Peraturan Gubernur ini berlaku, maka Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 16 Tahun 2013 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Tidak Tetap dalam lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Berita Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013 Nomor 16) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 36 Tahun 2014 (Berita Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013 Nomor 36), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Peraturan Gubernur ini mulai berlaku pada tanggal 1 Mei 2015, untuk itu maka perlu segera dilakukan penyesuaian dan perhitungan terhadap standar satuan harga Perjalanan Dinas sebelumnya.

 

Untuk melakukan penyesuaian dan perhitungan standar satuan harga Perjalanan Dinas tersebut, penulis membuat aplikasi sederhana dengan Database menggunakan Excel dengan menambahkan sedikit fitur MACRO atau biasa juga dikenal dengan istilah Visual Basic for Application (VBA) merupakan pengembangan bahasa pemrograman Visual Basic yang diterapkan dalam aplikasi Excel. Selama ini masih banyak pengguna Excel yang mengelola database secara manual menggunakan fungsi dan fitur Excel. Penggunaan database secara manual memang dapat menangani berbagai permasalahan dalam pekerjaan perkantoran sehari-hari. Namun demikian, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut relatif lama dan terkadang membosankan.

 

Sebagai contoh hal ini adalah salah satu tugas pokok yang dikerjakan pada Sub Bagian Administrasi dan Umum adalah melakukan pelayanan proses penyelesaian administrasi Perjalanan Dinas beserta lampiran-lampiran lainnya berupa Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD), kuitansi, rincian biaya perjalanan dinas dan Daftar Pengeluaran Riil bagi setiap Pegawai Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan yang ditugaskan melakukan perjalanan dinas baik dalam daerah maupun keluar daerah.

 

Di dalam proses pembuatan administrasi perjalanan dinas SPPD selama ini menurut pengamatan beberapa teman, masih terjadi keterlambatan. Disisi lain Sarana/Prasarana berupa alat pengolah data (Komputer dan Printer) dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki sudah mencukupi. Aplikasi Sederhana SPPD dengan Macro Excel yang serupa pernah penulis buat pada tahun 2012 yang lalu untuk membantu tugas pada Sub Bagian Keuangan.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan Tujuan dibuatnya Aplikasi Sederhana SPPD dengan Macro Excel / Visual Basic for Application (VBA) ini adalah untuk membantu kepada staf pengelola pada Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) yang diberi tugas dalam memberikan pelayanan proses administrasi pembuatan/penyelesaian SPPD beserta lampiran-lampirannya berupa SPPD, Kuitansi, Rincian Biaya dan Daftar Pengeluaran Riil Perjalanan Dinas dengan cepat, tepat dan akurat.

 

Selain itu, dengan menggunakan Database dan fitur Macro / Visual Basic for Application (VBA) dalam Excel mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut :

  • Menghemat waktu, penyelesaian pekerjaan administrasi SPPD menggunakan Macro / Visual Basic for Application (VBA) lebih cepat dibandingkan dengan cara manual;
  • Menghemat tenaga, selain menghemat waktu, penyelesaian pekerjaan mengunakan Macro / Visual Basic for Application (VBA) juga menghemat tenaga karena prosesnya berlangsung secara otomatis.
  • Mengurangi tingkat kesalahan, kemungkinan adanya kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan proses administrasi SPPD secara manual dapat saja terjadi. Meskipun ada staf yang ahli dalam menggunakan Excel. Penyelesaian pekerjaan menggunakan macro secara konsisten akan menyelesaiakan pekerjaan berdasarkan perintah yang tertulis dalam kode program, sehingga tingkat kesalahan yang mungkin timbul sangat kecil. Kesalahan hanya terjadi apabila ada kesalahan perintah pada kode program.

 

Dengan Aplikasi Sederhana ini, dari segi pengawasan dan pengendalian internal dapat diketahui dengan cepat Pembebanan Anggaran dan Realisasi Anggaran berdasarkan kegiatan perjalanan dinas yang dilakukan ke dalam Kode Rekening dan Kode Kegiatan yang sesuai dalam DPA-SKPD.

 

Sebelum menuju Aplikasi Sederhana SPPD ini, alangkah baiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa pengertian/istilah yang dimaksud dalam Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 22 Tahun 2015 tanggal 13 April 2015 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Tidak Tetap dan Personil Lainnya dalam lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai berikut :

  1. Perjalanan Dinas adalah perjalanan yang dilakukan untuk kepentingan daerah dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah atau urusan lainnya yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan dari tempat kedudukan ketempat yang dituju dan kembali tempat kedudukan atas perintah pejabat yang berwenang.
  2. Perjalanan Dinas Dalam Kota adalah perjalanan dinas dalam kota tempat kedudukan atas lokasi kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk melaksanakan tugas ke tempat yang dituju dan kembali ke tempat kedudukan semula.
  3. Perjalanan Dinas Luar Daerah adalah perjalanan dinas dalam negeri yang dilakukan dari tempat kedudukan semula menuju Provinsi lainnya dan kembali ke tempat kedudukan.
  4. Perjalanan Dinas Dalam Daerah adalah perjalanan dinas dalam negeri yang dilakukan dari tempat kedudukan semula ke tempat tujuan dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan kembali ke tempat kedudukan.
  5. Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran dan/atau atasan Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran adalah Pejabat yang berwenang untuk menandatangani Surat Perintah / Surat Perintah Tugas dan Surat Perintah Perjalanan Dinas.
  6. Uang Harian adalah suatu jumlah uang diperhitungkan secara harian dan dibayarkan kepada pelaksana SPPD secara Lumpsum, untuk kebutuhan perjalanan dinas yang meliputi Uang Saku, Uang makan dan Transport Lokal.
  7. Lumpsum adalah suatu jumlah uang yang telah dihitung terlebih dahulu (pre-calculated amount) dan dibayarkan sekaligus.
  8. Uang Reprsentasi adalah jumlah uang yang dibayarkan kepada Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pejabat Eselon I dan II untuk kebutuhan perjalanan dinas.
  9. Biaya Riil/At Cost adalah biaya yang dibayarkan sesuai dengan bukti pengeluaran yang sah yang dikeluarkan oleh pelaksana SPPD dalam melaksanakan perjalanan dinas.
  10. Surat Perintah Perjalanan Dinas yang selanjutnya disebut SPPD adalah surat perintah kepada Pelaksana SPPD untuk melaksanakan tugas perjalanan dinas yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Pejabat yang berwenang sebagai dasar melaksanakan perjalanan dinas.
  11. Rincian Biaya Perjalanan Dinas terdiri dari :
  12. Uang Harian;
  13. Biaya transport;
  14. Biaya Taksi;
  15. Biaya Penginapan;
  16. Uang Representasi;
  17. Uang sewa kendaraan;
  18. Biaya bahan bakar minyak; dan
  19. Biaya menjemput dan/atau mengantar jenasah .
  20. Uang Harian terdiri dari Uang Saku, Uang Makan, Uang Transport Lokal dan dibayarkan secara Lumpsum dan meruapakan batas tertinggi.
  21. Biaya Transport, Biaya Taksi, Biaya Penginapan dan biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam rangka perjalanan dinas dibayarkan sesuai dengan Biaya Riil (At Cost).
  22. Pembayaran Riil (At Cost) adalah pembayaran sesuai dengan jumlah harga tiket pesawat udara/angkutan darat/angkutan laut yang digunakan dalam perjalanan dinas.
  23. Pembayaran Riil (At Cost) dapat juga dilakukan setelah selesai melaksanakan perjalanan dinas, dengan cara melampirkan bukti pengeluaran yang sah.
  24. Pada saat melampirkan bukti pengeluaran yang sah dari uang transport perjalanan, jika terdapat selisih lebih wajib dikembalikan dan jika terdapat selisih kurang berhak mendapat tambahan uang transport perjalanan.
  25. Besarnya Uang Transport Perjalanan Dinas mengacu kepada besarnya biaya menurut jenis alat angkutan yang digunakan dalam melaksanakan perjalanan dinas.
  26. Angkutan Perjalanan Dinas dapat mengunakan pesawat udara, angkutan darat dan angkutan laut sesuai kebutuhan.
  27. Penentuan jenis alat angkutan perjalanan dinas ditetapkan oleh pejabat yang berwenang yang tercantum dalam SPPD.

 

LARANGAN PERJALANAN DINAS

  • Biaya Perjalanan Dinas yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak diperkenankan dlakukan apabila telah tersedia biaya dan dibayarkan atas beban pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan/atau sumber lainnya untuk maksud, tujuan dan waktu perjalanan yang sama.
  • Pelaksana SPPD dilarang melakukan perjalanan dinas ganda yaitu perjalanan dinas yang dilakukan dengan jangka waktu pelaksanaan SPPD yang sama.
  • Pelaksanan SPPD dilarang melakukan perjalanan dinas yang tumpang tindih yaitu pelaksana SPPD melakukan perjalanan dinas berikutnya pada saat masih melaksanakan perjalanan dinas sesuai jangka waktu perjalanan dinas yang tertera dalam SPPD.

 

PERTANGGUNGJAWABAN PERJALANAN DINAS

Pelaksana perjalanan dinas wajib menyampaikan seluruh pertanggungjawaban perjalanan dinas kepada Pejabat Yang Berwenang paling lambat 5 (lima) hari kerja, setelah jangka waktu pelaksanaan perjalanan dinas selesai secara perorangan.

 

Pertanggungjawaban perjalanan dinas disertai kelengkapan/ dengan rincian sebagai berikut :

  1. SP/SPT, SPPD yang telah ditandatangani dan distempel oleh pejabat atau instansi yang dikunjungi;
  2. Pertanggungjawabkan Uang Harian dan Uang Representasi dilampiri Daftar Pengeluaran Riil.
  3. Pertanggungjawaban Uang Perjalanan Dinas dengan biaya riil/At Cost dilampiri :
  • Karcis / Tiket Alat Angkutan yang digunakan.
  • Bill/Invoice/Bukti lainnya yang sah sebagai pembayaran tempat penginapan.
  • Bill/Invoice/Struk/Bukti lainnya yang sah sebagai pembayaran biaya taksi.
  • Boarding Pass.
  • Airport Tax Bandara / Retribusi Terminal / Stasiun / Pelabuhan
  • Bill/Invoice/Bukti lainnya sebagai bukti pembelian BBM bagi perjalanan dinas Dalam Daerah.
  • Bukti rental/sewa kendaraan untuk perjalanan dinas dalam daerah.
  • Bukti sewa kendaraan untuk Pejabat Negara dan Pimpinan DPRD.
  • Bukti sewa kendaraan helikopter untuk pejabat Negara.
  • Daftar Pengeluaran Riil
  • Laporan pertanggungjawaban hasil perjalanan dinas oleh masing-masing Pelaksana SPPD.

 

Bagi pembaca yang ingin mengajukan pertanyaan/konsultasi mengenai aplikasi ini, baik melalui email, kota komentar, BBM/SMS/WA ke Pak Surahmanto, S.Sos., M.Si., dimohon  untuk mencantumkan nama dan unit kerja.

Bagi pembaca yang tertarik dengan aplikasi ini, silahkan mengunduh pada tautan berikut:

Aplikasi SPPD versi 2.0  |  Petunjuk Penggunaan Aplikasi

11542 Total kunjungan 5 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Artikel, Downloads

45 Responses to "Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)"

  1. dodo says:

    aplikasi yang bagus

    1. admin says:

      semoga bermanfaat 🙂

  2. Palgunadi says:

    mau tanya cara mengedit misalnya mengganti logo pemda disesuaikan dg pemda kita pak, mengganti besarnya uang hotel, atau uang harian, terima kasih.

  3. Surahmanto says:

    @sdr.Johnfrind fau
    Salam kenal kembali, boleh saya tahu dari skpd pemda mana ya…
    okey, untuk merubah logo daerah dalam form sppd sbb :
    1. Klik Form Input SPPD dalam Menu Utama
    2. Pilih/Klik Cetak SPPD
    3. Demi keamanan maka semua Sheet saya protect
    4. Untuk membuka Sheet, coba buka unprotect dalam format sheet dengan password : simbok
    5. Silahkan logo daerah diganti sesuai logo daerah saudara.
    6. Jangan lupa memprotect kembali sheet demi keamanan aplikasi
    7. Selamat mencoba, semoga bermanfaat >>>

  4. Surahmanto says:

    Yth. Sdr. Febby
    Untuk Aplikasi SPPD yg saya muat bulan Maret 2012 sudah dilakukan revisi / perubahan, kalau tertarik silahkan download Aplikasi SPPD yang saya tulis pada Artikel tanggal 17 Juni 2015.
    Tks.

  5. Surahmanto says:

    Yth. Sdr. Palgunadi dari Kesbangpol Papua

    saya coba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan melalui BBM
    Bagaimana cara meng-Edit Besarnya Uang Harian ?.

    Demi keamanan aplikasi, maka semua nama Sheet yang tidak ditampilkan saya sembunyikan / VerryHidden.
    Nama Sheet untuk menampung besaran perjalanan dinas dalam daerah maupun luar daerah dalam hal satuan biaya Uang Hotel, Uang Harian berdasarkan Eselon, Jabatan dan Golongan saya letakkan di Sheet SBU

    Untuk meng-edit ikuti langkah-langkah sbb :
    1. Buka Aplikasi
    2. Buka Visual Basic dalam Developer
    3. Pilih Sheets6 (SBU) dalam VBAProject
    4. Pilih Visible : -1 – xlSheetVisible pada Properties
    5. kembali ke Excel
    6. Silahkan Anda Lakukan Penyesuaian sesuai dengan SBU Pemda Anda
    7. Jangan Lupa kalau sudah selesai mengedit lembar Sheet SBU di 2 – XlSheetVerryHidden
    8. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

    Tks

  6. palgunadi says:

    masih bingung dengan worksheet SBU pak Rahman.
    di baris paling atas ada baris kategori dalam daerah kemudian baris harian uang repres dan uang penginapan.
    Kemudian di bawahnya lagi ada baris luar daerah dg uang represtatif.

    baris bawah lagi ada baris provinsi2 termasuk sulawesi selatan, dengan total nilai rupiah,

    di baris bawah lagi juga terdapat hal yg sama
    ada baris provinsi termasuk sulawesi selatan.

    kira2 yg sy harus ganti yang mana saja ya pak?

    soalnya waktu edit sy cuman mengganti
    nilai rupiah pada baris dalam daerah dan luar daerah,
    kolom bawahnya lagi sy tidak rubah apa2. terima kasih.

  7. andi ashar halim says:

    pak saya sdah coba print cetakan riil sebagian teks terpotong…bagaimana mengeditnya???

  8. Iwan says:

    Pak Anto,

    Saya mau nanya untuk mengganti kode MAK/Kegiatan gimana caranya ?

    Salam,
    Iwan

    1. harianto says:

      apa passworx pak

  9. Manto says:

    Utk Pak Andi Ashar Halim, untuk mencetak daftar riil coba di atur kembali pagelayout margin kiri, kanan, atas dan bawah disesuaikan dgn jenis ukuran kertas yg dipakai.
    Utk mengeditnya coba buka unprotect sheet dgn password simbok
    Selamat mengedit…

  10. Manto says:

    Utk Pak Iwan, cara mengedit kode MAK / Kegiatan caranya yaitu terlebih dahulu membuka sheet yg diprotect dgn password yaitu simbok.
    Silahkan masukkan kode rekening dan nama kegiatan beserta jumlah anggarannya disesuaikan dgn DPA SKPD yang dimiliki.
    Jangan lupa demi keamanan setelah selesai sheet diprotect kembali.
    Oh iya boleh tau bang Iwan dari skpd pemda mana ?
    Selamat mengedit ya…

    1. Manto says:

      Oh iya, saya mau menjawab juga pertanyaan melalui BBM sdr. Herry dari salah satu skpd Kab.Kota Baru Kalsel. terkait bagaimana cara merubah gambar logo yg akan disesuaikan dgn logo pemda kota baru.
      Silahkan buka sheet yg akan dirubah logox dgn cara membuka protect password yaitu simbok.
      Pertanyaan kedua yaitu ttg bagaimana mengedit satuan biaya perjalanan dinas sesuai peraturan yg ada di pemda kotabaru.
      Tlg difotokan sbu perjalanan dulu utk sy pelajari terlebih dahulu. Tks

    2. Manto says:

      Utk sdr. Firdaus dari SKPD pemda Tangerang yg menanyakan lewat kontak BBM. Apakah aplikasi sppd ini bisa di konversi lewat visual basic.
      Utk aplikasi sederhana sppd yg sy buat ini perhitungan2 menggunakan fungsi2 atau rumus yg ada dimiliki oleh exel, hanya perintah2 yg ada dlm menu sy gunakan macro / vb yg dimiliki oleh exel.
      Saya sangat senang apabila Sdr. Firdaus bisa kembangkan dgn vb.
      Saya tunggu hasil pengembangannya ya… tks.

  11. manto says:

    Utk Pak Harianto, setelah aplikasi sederhana sppd di download, silahkan download juga petunjuk penggunaan aplikasi.
    untuk user name dan password aplikasi tulis saja : anto
    semoga bermanfaat
    Tks

  12. sumiati says:

    pak kalok mengganti kwitansi gimana caranya,,soalnya kwitansi di kantor sy beda??

  13. frans says:

    mlm pak anto.,saya dgn frans dari dispora kab lanny jaya papua.,aplikasi yang bpk buat menarik dan memudahkan pekerjaan.di daerah kami sdh menggunakan at cost. aplikasi yang bpk buat ini hanya kurang di uang panjar.,kiranya bpk bisa membantu kami di lanny jaya agar saya dapat menambahkan sheet utk uang panjar.mohon izin di share untuk password worksheetnya pak.trims

  14. manto says:

    @Sdri. Sumiati
    untuk mengganti format kuitansi silahkan buka protect sheet dengan password : simbok
    Silahkan sesuaikan format kuitansinya dan jangan lupa kalau sudah selesai demi keamanan aplikasi mohon diprotect sheet sesuai keiinginan anda
    Terima kasih semoga bermanfaat.
    Wassalam

  15. manto says:

    @Sdr. Frans dari Dispora Lanny Jaya Papua
    Terima kasih atas masukannya, silahkan kontak kami lewat BBM tentang model uang panjar yg anda maksud, untuk password worksheets silahkan buka protect sheet dengan password : simbok
    Terima kasih, selamat bekerja dan berkarya

  16. manto says:

    Terima kasih juga saya ucapkan kepada Bapak Drs. Zulhadi dari Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Kepala MAN Balai Selasa) yang telah tertarik dgn aplikasi sederhana SPPD dan mendownloadnya.
    Semoga bermanfaat Pak.. selamat bekerja dan berkarya…

  17. koq saya login ngga bisa masuk pak …. username sama password nya salah

  18. assalamualaikum nwr.wb pak mau tanya cara merubah =DATAENTITAS!C9

  19. manto says:

    @sdr. Muhammad Nur Alfadli.

    Untuk menggunakan aplikasi sppd ini saya sarankan download juga petunjuk penggunaan aplikasi ini dalam artikel diatas.
    untuk login masuk ke aplikasi cukup menulis username dan password nama panggilam saya dengan menulis huruf kecil : anto

    Kemudian untuk pertanyaan yg kedua terkait cara merubah =DATAENTITAS!C9, adalah data nama SKPD / Kantor, dalam contoh aplikasi sppd ini berada pada SHEET DATATAENTITAS, cara merubahnya masuk ke MUNU UTAMA pilih DATA KANTOR silahkan sesuaikan data-data kantor sesuai keinginan Saudara.
    Selamat mencoba semoga bermanfaat

    Wassalam…

  20. manto says:

    saya coba menjawab pertanyaan Sdr. Hadi Saputra, SE. (Bag. Akademik Biro AAKK UIN Sultan Syarif Riau Pekanbaru), yang dikirim melalui email saya : Bagaimana cara mengganti gambar dalam apilkasi SPPD

    Silahkan masuk dalam sheet MENU UTAMA atau Sheets lainnya yang ada gambar yang anda ingin ganti dengan cara membuka unprotectsheet dengan cara tekan tombol Review pada toolbar kemuadian memasukan password : simbok
    Silahkan ganti gambar gedung ktr gubernur dalam aplikasi dengan gambar yang sdr kehendaki.
    Selamat mencoba semoga bermanfaat…
    Wassalam..

    1. mydun says:

      aplikasinya bagus
      gan kalalu mau ganti pasword login nya gimana gan?

      1. Manto says:

        @sdr. Muhammad Nur dari Mataram NTB
        Utk menampilkan lembar kedua sppd caranya tinggal mencetak kembali sheet sppdhal2 pada bagian belakang lembar sppd yg telah dicetak.
        Terima kasih semoga bermanfaat

      2. Manto says:

        @sdr. Mydun. Maaf boleh tau dari skpd pemda mana ? Utk mengganti password login tlg saya dikirimkan nama emailx.

  21. Widiastra says:

    Siang pak Anto, Terimakasih atas aplikasinya dan sangat membantu, sehingga bisa meminimalkan kesalahan dalam penginputan SPPD dan tentunya bisa menghemat penggunaan kertas

  22. Muhammad Nur says:

    pak saya dari mataram lombok Nusa Tenggara Barat SKPD Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma boleh saya pake aplikasi bapak, untuk lembar kedua gimana cara kita tampilkan, kita pake printnya lembaranya bolak bali ?

  23. Eduwin says:

    kok ga bisa d instal ya pal

    1. Manto says:

      @Eduwin.. mohon maaf boleh tahu dari skpd/pemda mana ya ? Untuk menggunakan aplikasi ini tidak perlu di instal. Cukup anda Mendownload file dan petunjuk aplikasix. Kalau sdh silahkan buka

      1. Manto says:

        @Eduwin.. kalau masih ada hambatan kami siap membantu via bbm, wa atau line. Tks

  24. fina says:

    knp aplikasinya ga’ bs kebuka? apakah ms. excel 2013 ga bisa yah?

  25. Darwin Sianturi says:

    Minta alamat email bapak karna ada yang mau saya pertanyakan

  26. dharmayanti says:

    Kalau misalnya tidak ada bukti pembelian BBM untuk kendaraan dinas yang dipakai untuk perjalanan dinas, apakah dimasukkan ke dalam daftar pengeluaran riil?

  27. RANGGALAWE says:

    NDA BISA DI DOWNLOAD PAK

  28. manto says:

    Maaf utk Pak Ranggalawe…berhubung ada perubahan laman website..akan segera diperbaiki oleh admin.. tks

  29. manto says:

    Utk bbm kendaraan yg tidak ada buktinya.. hanya masuk dalam daftar perincian.. harga bbm dikali jarak km kab/kota tujuan dibagi… km per jenis kendaraan sesuai sbu pemda masing2

  30. roy says:

    apliksi yang baik

    1. admin says:

      aplikasi ini telah diperbaharui di sini
      http://inspektoratsulsel.id/aplikasi-sppd-dengan-userform-visual-basic-excel/

      selamat menikmati

  31. ardi says:

    untuk loginnya pak

    1. admin says:

      sila di unduh ketiga file yang dilampirkan di artikel dan silakan dibaca, ada petunjuk teknisnya di situ.
      atau bila mengalami kesulitan, silakan mengontak langsung pembuatnya, Pak Surahmanto di nomor: 08124279244

    2. admin says:

      Silakan menggunakan aplikasi yang telah diperbaharui di link ini
      http://inspektoratsulsel.id/aplikasi-sppd-dengan-userform-visual-basic-excel/

Leave a Reply

*