Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Artikel » Aplikasi SPPD dengan UserForm Visual Basic Excel

Aplikasi SPPD dengan UserForm Visual Basic Excel

INSPEKTORATSULSEL.ID – Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dengan UserForm Visual Basic Excel dirancang oleh Surahmanto, S.Sos., M.Si Auditor Kepegawaian Madya pada Inspektorat Daerah Sulawesi Selatan. Aplikasi SPPD ini merupakan hasil pengembangan Aplikasi SPPD yang sebelumnya penulis pernah rancang dan dimuat pada Artikel Website Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan http://inspektoratsulsel.id/category/artikel/ pada tanggal 17 Juni 2015.

Dalam Aplikasi SPPD versi ini pada setiap MENU sudah dilengkapi dengan Menu SIMPAN, RESET, HAPUS dan EDIT serta CETAK data. Penginputan Database Pegawai, Kode Rekening, Nama Kegiatan serta Jumlah Anggaran, Data Administrator dan data pendukung lainnya dapat dilakukan penginputan dan perubahan secara langsung melalui Menu yang ditampilkan dengan Userform tanpa melalui lembar kerja atau Worksheet.

Standar Biaya Masukan Perjalanan Dinas yang digunakan dalam Aplikasi ini adalah mengacu kepada Standar Biaya Masukan Perjalanan Dinas berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 2550/XI/TAHUN 2015 tanggal 23 Nopember 2015.

Maksud dan Tujuan dibuatnya Aplikasi SPPD dengan UserForm VBA Excel ini adalah untuk membantu kepada Pelaksana Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulawesi Selatan yang diberi tugas dalam memberikan pelayanan proses administrasi pembuatan/penyelesaian SPPD beserta lampiran-lampirannya berupa Kuitansi, Daftar Pengeluaran Riil, Rincian Biaya perjalanan dinas dengan cepat, tepat dan akurat.

Selain itu, dengan menggunakan Apilkasi SPPD ini pengguna di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut:

Pertama, Menghemat waktu, penyelesaian pekerjaan administrasi SPPD menggunakan Aplikasi ini lebih cepat dibandingkan dengan cara manual;

Kedua, Menghemat tenaga, selain menghemat waktu, penyelesaian pekerjaan mengunakan Aplikasi ini juga menghemat tenaga karena prosesnya berlangsung secara otomatis.

Ketiga, Mengurangi tingkat kesalahan, kemungkinan adanya kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan proses administrasi SPPD secara manual dapat saja terjadi. Meskipun ada staf yang ahli dalam menggunakan Excel. Penyelesaian pekerjaan menggunakan macro secara konsisten akan menyelesaiakan pekerjaan berdasarkan perintah yang tertulis dalam kode program, sehingga tingkat kesalahan yang mungkin timbul sangat kecil. Kesalahan hanya terjadi apabila ada kesalahan perintah pada kode program atau kesalahan memasukkan input data dalam menu

Keempat, Dari segi pengawasan dan pengendalian internal dapat diketahui dengan cepat Pembebanan Anggaran dan Realisasi Anggaran kegiatan perjalanan dinas yang dilakukan ke dalam Kode Rekening/Kode Kegiatan yang sesuai dalam DPA-OPD.

Kelima, Data Rekapitulasi SPPD tersimpan dan dapat di cetak pada pada Akhir Tahun Anggaran, sebagai bahan informasi data pemeriksaan kepada Aparat Pengawasan Eksternal maupun Internal Pemerintah.

Sebelum anda menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan Macro dalam aplikasi Microsoft Excel yang anda gunakan dengan cara berikut:

Mengaktifkan Macro di Microsoft Excel

Setelah itu, silakan mengunduh aplikasi dari tautan berikut:

Aplikasi SPPD dengan UserForm Visual Basic Excel

Dan untuk mengoperasikannya, silakan membaca petunjuknya pada tautan berikut:

Petunjuk Pengoperasian Aplikasi SPPD dengan UserForm Visual Basic Excel

135 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Artikel

Leave a Reply

*