Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Artikel » APIP Prov Sulsel Tingkatkan Sinergi dan Kompetensi

APIP Prov Sulsel Tingkatkan Sinergi dan Kompetensi

INSPEKTORATSULSEL.ID – Guna membangun sumber daya yang handal dan perlunya sinergi dengan Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota, serta Inspektorat dari Provinsi lain di Indonesia Barat, Tengah dan Timur, telah dilaksanakan Diklat Penyusunan laporan Hasil Audit Intern bagi Pegawai APIP di Lingkungan Inseptorat se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Diklat Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa bagi Pegawai APIP Daerah. Pembukaan diklat dilaksanakan di Aula Lantai 3 gedung Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir dalam pembukaan diklat tersebut Plh Kepala Perwakilan, Korwas Investigasi 1 Purwo Utomo, Kabag Tata Usaha, Agus Catur Hartanto, Sekretaris Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan,  Syafruddin Kitta, serta para Korwas dan Instruktur. Diklat berlangsung  selama 5 hari kerja  mulai tanggal 4 September sampai dengan 8 September 2017 diikuti oleh 30 0rang dari Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan dan Inspektorat Kabupaten /Kota, serta 30 orang  terbagi dua kelas paralel, yang berasal dari Wilayah Barat, Tengah dan Timur Indonesia

Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Sekretaris inspektorat, Syafruddin Kitta, menyampaikan apresiasi kepada BPKP Sul Sel yang telah bersedia bekerjasama dalam penyelenggaran diklat ini, mengingat  agenda ini sangat penting bagi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam pelaksaaan tugas pengawasan di daerah masing-masing.

Menurut Sekretaris Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan kegiatan ini menjadi momen penting dalam membangun sumber daya yang handal dan bersinergi dengan Inspektorat Privinsi/Kabupaten/Kota, serta Inspektorat dari Provinsi lain di Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Selanjutnya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Korwas Investigasi 1 Purwo Utomo, menyampaikan bahwa salah satu bagian akhir dari suatu penugasan adalah penyusunan Laporan Hasil Audit (LHA). Laporan Hasil Audit merupakan bagian yang sangat penting dari suatu proses audit karena pada tahap inilah hasil audit akan menentukan langkah-langkah berikutnya. Untuk itu tepatlah jika Inspektorat Provinsi dan Inspektorat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan memandang sangat perlu untuk mengirim auditor-auditornya untuk mengikuti diklat ini.

Purwo Utomo juga menjelaskan banyak kasus-kasus yang biasa terjadi terkait dengan pengadaan barang dan jasa, untuk itu sangat tepat Inspektorat Kabupaten /Kota mengirim auditornya untuk mengikuti diklat Probity Audit. Melalui  Diklat Probity Audit ini, auditor akan dibekali dengan kemampuan untuk mengaudit proses pengadaan barang dan jasa, sehingga kecurangan-kecurangan dalam proses pengadaan barang dan jasa dapat dideteksi sedini mungkin. Purwo Utomo berharap ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Sumber: BPKP.Go.Id

16 Total kunjungan 1 Kunjungan hari ini

Written by

Filed under: Artikel

Leave a Reply

*